x

AJI - Aliansi Jurnalis Independen

Tentang kami dan sejarah AJI

Aliansi Jurnalis Independen

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) lahir sebagai perlawanan terhadap Orde Baru. Mereka berjuang untuk kebebasan pers, mendukung demokratisasi, dan memperjuangkan hak publik atas informasi. Setelah Orde Baru jatuh, AJI tetap berupaya menjaga kebebasan pers, mendukung kesejahteraan jurnalis, dan melawan kekerasan terhadap jurnalis. AJI terus berkomitmen untuk menyediakan informasi obyektif dan memperkuat kebebasan pers di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Berita AJI

Program Kami

Training AJI untuk mengetahui dan mendalami seluk beluk jurnalistik, baik itu Media Cetak, Media Online, trik dan tips menulis artikel, redaksi, layout, dan teknik wawancara.

AJI didukung Google News Initiative memberikan pelatihan cek fakta ke media-media lokal dan kampus untuk mendorong penguatan peran media sebagai rujukan informasi yang kredibel.

Program, short-course dan beasiswa yang diberikan kepada jurnalis, berupa biaya kursus dan biaya operasional liputan yang dalam peningkatan kapasitas liputan mengenai isu-isu terkini.

Platform berupa Data Hub, Ruang Belajar Online, Tools yang mendukung jurnalis menghasilkan karya jurnalistik berdasarkan kumpulan fakta dari data terbuka.

Festival bagi jurnalis, media, dan publik berupa pameran media, gathering media kampus, pemutaran film, pertunjukan musik, diskusi/workshop, dan lomba debat untuk kalangan pelajar

Platform mandiri bagi informan publik untuk menghadirkan pemberitaan berkualitas dan menyuarakan kepentingan publik dengan membagi data ke redaksi media massa.

Proyek kolaboratif pengecekan fakta yang dibangun di atas API Yudistira oleh MAFINDO dan media online yang tergabung di AJI dan AMSI serta didukung oleh Google News Initiative.

Hate Speech Monitoring Dashboard

Agenda
Halo kawan-kawan! Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dengan dukungan Google News Initiative (GNI) kembali menyelenggarakan rangkaian webinar bertema "Literasi Kebencanaan di Indonesia untuk Menangkal Mis-Disinformasi".  Webinar #5: Banyak Bencana... baca selengkapnya
Siaran Pers
Presiden Joko Widodo telah meneken Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas atau Publishers Rights pada 20 Februari 2024. Peraturan ini merupakan usulan dari... baca selengkapnya
Dokumen
Buku ini adalah panduan komprehensif bagi para jurnalis dan siapa saja yang tertarik untuk meliput perubahan penting dalam sektor energi di Indonesia. Dalam buku ini, pembaca akan menemukan informasi yang mendalam tentang tantangan, perubahan, dan... baca selengkapnya
KABAR DARI LAPANGAN TENTANG DAMPAK DAN PENANGANAN COVID-19
KABAR DARI LAPANGAN TENTANG DAMPAK DAN PENANGANAN COVID-19
DISKUSI ONLINE
LIHAT VIDEO SELENGKAPNYA

Buku

Galeri Foto

LIHAT GALERI SELENGKAPNYA