“Penghargaan untuk Berita Lokal Radio dan Televisi 2017”

Dan Pelatihan Singkat “Berita Mendalam untuk TV”

 

 

Senyampang dengan pembahasan RUU Penyiaran yang masih berproses di DPR, kondisi dunia penyiaran kita makin memprihatinkan. Cita-cita untuk mewujudkan diversity of content and diversity of owner (keberagaman isi siaran dan pemilik), seperti yang menjadi semangat UU Penyiaran no 32/2002 nampaknya makin jauh dari panggung. Kondisi dunia penyiaran di Indonesia justru berkembang menjadi sentralistis, baik secara konten yang melulu Jakartasentris maupun konglomerasi media penyiaran terjadi di TV maupun radio swasta.

 

Akibatnya kemudian, konten-konten lokal, baik itu berita maupun produksi non berita,  menjadi menipis bahkan menghilang sama sekali. Berita-berita TV (juga radio) Lokal, kemudian cenderung berita-berita seremonial pimpinan atau pejabat daerah. Hal ini tentu merugikan warga daerah tersebut, yang berhak mendapatkan berita-berita lokal berkualitas.

 

AJI Indonesia, pada tahun 2017 mengadakan lomba konten berita lokal bagi TV maupun radio, dengan maksud ini untuk mengapresiasi karya-karya jurnalis TV/Radio yang mempunyai bobot konten/berita lokal. Ini merupakan lomba kedua, setelah pertama kali diselenggarakan tahun 2016 lalu. Dari 2 kali lomba, jumlah peserta maupun kualitas berita lokal yang disertakan lomba, cenderung stagnan. Jumlah kurang lebih sama, dan kualitasnya belum ada peningkatan dari tahun lalu.

 

Oleh karena itu, untuk membantu para jurnalis, khususnya TV, AJI Indonesia mengadakan Pelatihan Singkat Berita Mendalam untuk TV, sekaligus menjadi ajang apresiasi bagi para nominator pemenang lomba Konten Lokal. Diharapkan dengan pelatihan ini, mampu mendorong para jurnalis media penyiaran, khususnya TV, untuk memproduksi berita-berita mendalam di stasiun televisi masing-masing.

 

Tujuan

 

1. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para jurnalis media penyiaran untuk membuat konten berita lokal yang mendalam

2. Meningkatkan kualitas berita-berita konten lokal yang akan diproduksi para jurnalis TV maupun radio.

 

 

Peserta

 

Para nominator peserta lomba Konten Lokal, jurnalis media penyiaran, mahasiswa, maupun komunitas yang diundang. Jumlah peserta maksimal 50 orang.

Waktu dan Tempat

 

Tempat                        : Cheesecake Factory Cikini

Tanggal                       : 28 September 2017

Waktu                          : 12.00-16.20

 

Agenda

 

12.00 – 13.00  Registrasi & Makan Siang

13.00 – 13.30  Pembukaan MC

Pengantar Ketua AJI, Suwarjono

Sambutan Direktur Eksekutif Yayasan Tifa, Darmawan Triwibowo

13.30 – 15.30  Workshop “Berita Mendalam untuk TV” Pembicara: Dandhy Dwi Laksono, Videographer 

                         Ekspedisi Indonesia Biru Q&A

15.30 – 16.00    Pengumuman Nominasi dan Pemenang “Penghargaan untuk liputan berita lokal kategori TV dan Radio”

16.00 – 16.15  Penyerahan Hadiah

16.15 – 16.20  Penutup