Keberagaman Gender dalam Perspektif Hak Asasi Manusia
Jakarta, 30 Oktober 2018

Latar Belakang
Bagi kelompok LGBTQ, situasi di Indonesia saat ini jelas bukan situasi yang mudah dihadapi. Jelang pemilihan presiden, isu LGBTQ akan kembali menguat. Jika diperhatikan, intensitas pemberitaan tentang homoseksual, akan semakin deras menjelang panasnya Pilkada dan Pilpres. Sudut pandang pemberitaan juga seragam, maraknya homoseksual, bertambahnya jumlah homoseksual, komentar dan cercaan ulama, hingga informasi yang tersebar melalui media sosial soal pernikahan gay, perilaku gay, dan seterusnya. 

Kelompok LGBT selalu dianggap sepele, dan dipandang rendah oleh masyarakat. Termasuk juga dimarjinalkan oleh pemerintah. Kehadiran mereka ditengah masyarakat selalu disudutkan, dan kerap mengalami tekanan moral, juga agama. Sering juga dikaitkan dengan kriminalitas. Belum lagi sudut pandang bahwa homoseksual adalah penyakit yang membuat mereka dipandang sebagai kelompok yang harus disembuhkan. Juga dianggap sebagai kelompok berbahaya, dan menularkan penyakit. Bahkan dikaitkan dengan banyaknya bencana yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai jurnalis yang sudah menjalani pelatihan dan mendapat pengetahuan soal hak asasi manusia, juga penjelasan medis soal LGBTQ, SOGIE, dan bagaimana menempatkan kelompok homoseksual dalam pemberitaan, Lesson Learn akan menjadi kesempatan bagi jurnalis untuk saling berbagi pengalaman liputan, melakukan wawancara, juga saat melakukan riset ketika membuat tulisan soal LGBTQ. 

Tujuan
Melalui Lesson Learn, jurnalis akan kembali bertemu dan berdiskusi dengan pakar dan pegiat LGBTQ. Mereka bisa menceritakan pengalaman yang dihadapi langsung ketika liputan, berbagi soal diskriminasi yang dialami kelompok LGBTQ, juga berdiskusi menyikapi pemberitaan yang mendeskreditkan kelompok LGBTQ. 

Penyelenggara
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ardhanari Institute

Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini akan diadakan selama satu hari pada Selasa, 30 Oktober 2018. Lokasi Hotel Park Regis Arion Park Regis Arion, Jl. Kemang Raya No 7 Jakarta Selatan Maps Klik disini


Hasil yang diharapkan
Jurnalis diharapkan semakin bisa membedakan mana kasus LGBTQ yang layak dan tak layak diberitakan berdasarkan perspektif HAM, menimbang dampak pemberitaan, termasuk juga memilih kalimat dan judul berita untuk menghindari terjadinya reviktimisasi terhadap kelompok LGBTQ.