AJI Banda Aceh

5 Apr 2012 00:03 am | Oleh : Admin

AJI Banda Aceh
Jln. Angsa No 23, Desa Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh
Telp/Faks : (0651) 63-77-08   Website: http://ajibanda.org/


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Berdasarkan Anggaran Dasar (AD) Pasal 2, disebutkan AJI adalah sebuah perkumpulan. AJI lahir sebagai bentuk perlawanan komunitas Pers Indonesia terhadap kesewenang-wenangan rezim orde baru. Akhirnya sekitar 100 orang yang terdiri dari jurnalis dan kolumnis berkumpul di Sirnagalih, Bogor, 7 Agustus 1994. Pada hari itulah mereka menandatangani Deklarasi Sirnagalih. Inti deklarasi ini adalah menuntut dipenuhinya hak publik atas informasi, menentang pengekangan pers, menolak wadah tunggal untuk jurnalis, serta mengumumkan berdirinya AJI.

AJI Banda Aceh

AJI Banda Aceh merupakan cabang dari AJI Indonesia yang memiliki kewenangan otonom untuk mengurus organisasinya sendiri. Saat ini anggota AJI Banda Aceh berjumlah 54 orang, yakni terdiri dari jurnalis yang bekerja untuk media lokal, nasional dan internasional. AJI Banda Aceh lahir 3 Mei  1999 dan telah enam kali menganti pengurus.  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) selaku lembaga berkumpulnya para jurnalis secara profesional, berkewajiban untuk melakukan pembinaan dan peningkatan mutu dari jurnalis agar mereka bisa bekerja dengan cerdas dan profesional.

VISI

Terwujudnya masyarakat demokratis yang menghormati hak berpendapat, hak atas informasi, hak berkumpul dan berserikat, melalui pers yang bebas dan profesional.

MISI

  • Memperjuangkan kemerdekaan berpendapat. Hak atas informasi, berkumpul dan berserikat.
  • Mewujudkan pers yang bebas dan profesional.
  • Memperjuangkan harkat, martabat dan kesejahteraan pekerja pers.
  • Mendorong terwujudnya manajemen pers yang demokratis.
Pengurus AJI Kota Banda Aceh Periode 2015-2018

Ketua              : Ardi Warsidi
Sekretaris        : Radzie