AJI Batam

9 Apr 2012 19:45 pm | Oleh : Admin

AJI Batam - Ruko Kintamani E 20-21 Jalan Haji Fisabililla, Sei Panas, Batam, Kepri

 

 

Website: http://ajibatam.org

 

 

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam resmi berdiri pada 28 November 2008 berdasarkan SK AJI Indonesia Nomor: 05/kongres-VII/AJI/2008.

Cikal bakal berdirinya AJI Batam berawal dari keprihatinan terhadap organisasi wartawan non AJI yang telah ada tapi kurang peduli terhadap persoalan advokasi terhada teman-teman jurnalis yang terbelit persoalan hukum saat menjalankan tugas jurnalistiknya. Kemudian berangkat dari keprihatinan soal mental jurnalis yang idealismenya tergadai oleh ‘amplop’.

Maka, teman-teman jurnalis yang berbasis di Kota Tanjungpinang yang saat itu diprakarsai Anwar Sadat Guna (Tribun Batam) dan teman-teman lainnya akhirnya berkumpul untuk mempersiapkan berdirinya AJI Kota Tanjungpinang. Namun saat itu ada kendala, jumlah wartawan di Kota Tanjungpinang yang mau bergabung ke AJI tak 10 orang karena memang media lokal semua berbasis di Kota Batam. Tanjungpinang hanya biro, sehingga secara jumlah lebih sedikit dari Kota Batam.  Selain itu, umumnya jurnalis di Kota Tanjungpinang sudah bergabung di PWI.

Maka para pengagas kemudian mengajak teman-teman jurnalis yang ada di Batam. Akhirnya syarat untuk pendirian AJI sudah terpenuhi dan disepakati AJI persiapan Tanjungpinang menjadi AJI Kota Batam dan berbasis di Kota Batam.

Pada 28 November 2008 akhirnya dideklarasikan berdirinya AJI Kota Batam di Hotel PIH Batam. Anwar Sadat dipercaya menjadi Pjs Ketua. Namun tak lama setelah itu, Anwar ditugaskan ke Kalimantan sehingga Pjs dipegang oleh Agus Soemarwah (Tribun Batam). Namun tak lama Soemarwah juga dipindah tugaskan ke Tribun Manado, sehingga posisi Pjs Ketua AJI Batam kosong.

Barulah pada 26 Mei 2009 digelar Konferta di Kota Tanjungpinang. Terpilih sebagai ketua Muhammad Nur (Batam Pos) dan sekjen Kurnia Syaifullah (TV One) untuk periode 1999-2012.

AJI Kota Batam akhirnya berkantor di Perumahan Legenda Avenue Blok B1 No.5A Batam Centre, Batam, Kepri.  Mengingat anggota AJI Batam tersebar di 7 Kabupaten dan kota se provinsi Kepri dan merupakan wilayah kepulauan, maka AJI Batam juga memiliki kantor kecil di Kota Tanjungpinang, satu kantor dengan Semenanjung Televisi.