Workshop dan Fellowship Keberagaman Gender dalam Perspektif HAM

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Ardhanary Institute mengundang anda jurnalis Indonesia, untuk mengikuti program Training Meliput Keberagaman Gender. Sebanyak 24 orang jurnalis terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan training dan mentoring yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman anda mengenai isu keberagaman gender dalam perpektif HAM dan Media, bagaimana pemahaman jurnalis tentang konsepsi hak asasi manusia dalam soal kesetaraan atau keberagaman gender, bagaimana kapasitas jurnalis dan media dalam meliput tema ini sesuai standar profesionalisme dan Kode Etik Jurnalistik.  Serta, bagaimana membuat liputan yang menarik dan mudah dipahami oleh publik mengenai isu tersebut.

 

Program apakah ini?

Ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk mengenal lebih jauh mengenai apa dan bagaimana keberagaman gender dalam perspektif HAM dan Media.

 

Melalui program ini, jurnalis diharapkan bisa memiliki pemahaman lebih mendalam tentang isu keberagaman gender sehingga dapat memberikan masukan di newsroom dalam isu LGBTI termasuk hambatan dan pembelajaran positif yang ada selama ini.  Serta ada rekomendasi yang bisa diterapkan dalam newsroom dan komunitas LGBTI untuk mendorong terbentuknya persepsi positif publik tentang LGBTI melalui perbaikan kulaitas pemberitaan media massa. Jurnalis juga dapat bertemu dan berdiskusi dengan pakar-pakar terkait isu gender.

 

Di mana dan Kapan Kegiatan Diadakan?

Workshop akan diadakan pada: 

Hari dan Tanggal               :  5-6 September 2018 

Lokasi                                :  Jakarta

Mentoring bagi peserta terpilih akan dilaksanakan satu bulan setelah training.

 

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum dua tahun. Program ini akan diberikan kepada 24 jurnalis terpilih.

 

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?

Untuk dapat menjadi peserta, anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Form ini:  http://bit.ly/training_Ardhanary  Selambat-lambatnya tanggal 24 Agustus 2018. Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan liputan paling baik dan keterwakilan wilayah. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa via email.

 

 

Apa kriteria usulan liputan terbaik?

1.    Topik menyangkut isu keberagaman gender dalam perspektif HAM

2.    Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain

3.    Liputan menantang, namun tetap realistis

4.    Menggunakan narasumber yang kredibel

 

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti training selama dua hari tanggal 5-6 September 2018 di Jakarta. Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini.

 

Program ini juga akan menanggung biaya belajar selama dua hari termasuk material pendukung, akomodasi dan makan selama workshop berlangsung, transportasi dari kota asal ke lokasi training dan sebaliknya.

 

Bagaimana proses setelah training?                                                                                         

Setelah mengikuti training, peserta akan diundang kembali ke Jakarta untuk mengikuti Journalist Fellowship Meeting. Dalam Fellowship nanti peserta akan tetap didampingi oleh mentor dan akan dibekali uang peliputan sebesar Rp 2.500.000,-

 

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek: Training Ardhanary

 

Atau dapat menghubungi Sdri. Endah Lismartini 0811-147-991, Putri: 0857-7487-8066