Pengurus AJI Medan berjanji akan bekerja keras untuk memajukan dunia pers di Sumatera Utara.

#konferta AJI Medan

Liston Damanik- Wahyuni Pimpin AJI Medan 2018-2021

Konferta AJI Medan ke-X


AJIINDONESIA, Medan - Liston Damanik dan Wahyuni terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan periode 2018-2021.

Keduanya mendapat dukungan yang lebih banyak (34 suara) dibandingkan pasangan calon petahana Agoez Perdana dan Fika Rahma (10 suara) pada Konferensi AJI Kota Medan di Amaliun Convention Hall, Medan, Sabtu (20/10/2018).

Ketu terpilih AJI Medan, Liston Damanik mengatakan ke depannya organisasi yang telah berdiri sejak 7 Agustus 1998 ini akan berusaha menjawab tantangan terhadap dunia pers di Sumatera Utara. Kata jurnalis Tribun Medan ini, tantangan yang dihadapi seperti gelombang digitalisasi dan kekerasan terhadap jurnalis yang semakin meningkat.

"AJI Medan tidak boleh berpangku-tangan melihat kondisi yang membahayakan dunia pers dan para jurnalis ini. Sebagai contoh, jika kita ingin indeks kebebasan pers di Sumatera Utara tidak menjadi yang paling rendah, maka AJI Medan harus menjadi organisasi terdepan dalam menyikapi berbagai persoalan terkait kebebasan pers," katanya.

Pengurus AJI Medan, ujar Liston, berjanji akan bekerja keras untuk memajukan dunia pers di Sumatera Utara. Misi ini, katanya, juga akan menegaskan posisi AJI Indonesia sebagai organisasi profesi yang sejak lama konsisten di barisan terdepan memperjuangkan memperjuangkan kebebasan pers serta profesionalisme dan kesejahteraan jurnalis.

Sekretaris AJI Medan terpilih Wahyuni mengucapkan terima kasih kepada para anggota atas Konferta X AJI Medan  yang berlangsung dengan lancar dan demokratis. 

"Terimakasih juga kepada Agus Perdana dan Fika Rahma yang telah menjalankan roda organisasi selama tiga tahun terakhir dengan baik," kata jurnalis di Radio Smart FM dan Sonora.

Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Mannan yang ikut menghadiri Konferta AJI Medan bersama Koordinator Wilayah Sumatera Hendra Makmur mengatakan, tantangan pers ke depan akan semakin sulit. Diharapkan kepada Liston dan Sri Wahyuni, selaku Ketua dan Sekretaris AJI Medan terpilih dapat memberikan kontribusi yang positif.

"Agoez dan Fika berhasil memimpin AJI Medan dengan baik. Mudah-mudahan Ketua dan Sekretaris AJI Medan yang baru terpilih dapat lebih baik lagi. Karena tantangan pers ke depan lebih berat," ujarnya.

Tidak hanya memilih Ketua dan Sekretaris, pada Konferta ke-X AJI Medan ini juga menentukan Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) dan pengusulan nama-nama Majelis Etik.