Prioritas diberikan kepada jurnalis dari wilayah Maluku Utara, Sumatera Utara, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Banten-Jakarta-Jawa Barat, dan sekitarnya.

#Jurnalisme Data #Data Driven Journalism

Pelatihan dan Beasiswa Liputan Investigasi Berbasis Data isu Korupsi

AJIINDONESIA, Jakarta - AJI Indonesia melalui program USAID CEGAH akan menyelenggarakan program beasiswa bagi kalangan jurnalis untuk mendalami isu dan liputan investigasi berbasis data mengenai isu
korupsi. Kegiatan berlangsung di Jakarta, 1-3 Februari 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam memanfaatkan data untuk membuat liputan investigasi, serta mendorong adanya liputan media yang berkualitas dan beretika, serta melihat potensi korupsi dari data yang tersedia.

Program apakah ini?
Ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk menggunakan data sebagai dasar liputan investigasi. Dalam program ini peserta mendapat kesempatan mengikuti workshop membuat liputan investigasi menggunakan metode data driven journalism.

Siapa yang dapat menjadi peserta?
Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun. Prioritas diberikan kepada jurnalis dari wilayah Maluku Utara, Sumatera Utara, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Banten-Jakarta-Jawa Barat, dan sekitarnya.

Program ini akan diberikan kepada 25 jurnalis terpilih.
 
Bagaimana cara menjadi peserta?
Untuk dapat menjadi peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Google Form ini: http://bit.ly/TainingInvestigasi_AJI
Selambat-lambatnya tanggal 14 Januari 2019

Setelah terpilih menjadi peserta, Anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini.
 
Bagaimana proses seleksi?
Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar
yang memberikan usulan liputan paling baik dan keterwakilan wilayah. Setiap pelamar akan
menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peserta via email.

Apa kriteria usulan liputan terbaik?
1. Topik menyangkut topik isu korupsi layanan publik dari sektor kesehatan, infrastruktur, pendidikan dll.

2. Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain

3. Liputan menantang, namun tetap realistis
4. Menggunakan narasumber yang kredibel
5. Laporan dapat diselesaikan sebelum tenggat

Bagaimana proses setelah seleksi?
Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan selama tiga hari di Jakarta pada tanggal 1-3 Februari 2019. Peserta akan mengisi formulir konfirmasi untuk pengaturan akomodasi dan transportasi.

Program ini akan menanggung biaya belajar selama tiga hari termasuk material pendukung, akomodasi dan makan selama pelatihan berlangsung, transportasi dari kota asal ke lokasi peltihan dan sebaliknya.

Sebagai tindak lanjut pelatihan, peserta mendapat kesempatan mengakses beasiswa liputan Akuntabilitas. AJI akan memberikan dukungan berupa pendampingan dari mentor yang kompeten dan biaya operasional liputan seperti biaya transportasi, tunjangan selama liputan, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan. Pagu biaya liputan menyesuaikan dengan proposal peserta yang akan direview oleh tim mentor.

Perlu informasi lebih jelas?
Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya,
silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com