Dibuka Pendaftaran: Health and Nutrition Journalist Workshop 2019

Tahukah kamu mengapa masih banyak kematian ibu hamil dan melahirkan? Mengapa banyak bayi dan balita meninggal karena gizi buruk atau terlambat ditangani? Mengapa banyak balita meninggal karena diare? Mengapa anak-anak di Indonesia kerdil dan tumbuh tidak sehat? Berapa banyak rumah tangga yang bisa menikmati air bersih untuk mendukung hidup mereka? Atau mengapa perkawinan anak menjadi pintu lingkaran setan kemiskinan dan gizi buruk di Indonesia?

 

Masih banyak pertanyaan yang muncul jika kita membedah persoalan  gizi, kesehatan untuk anak dan perempuan. Juga pertanyaan yang terkait dengan lingkungan dan sosial serta budaya. Buntutnya  realitas tersebut memperlihatkan wajah Indonesia dalam menangani masalah ini, SDG’s menjadi alat untuk memperbaiki kondisi tersebut.

 

Berkaca dari hal itu, Sekolah Jurnalisme Aliansi Jurnalis Independen (SJAJI)  dan Danone Indonesia  akan mengadakan workshop bagi kalangan jurnalis untuk mendalami isu dan liputan tentang kesehatan dan nutrisi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kualitas peliputan jurnalis pada isu kesehatan dan nutrisi, termasuk meningkatkan skill jurnalistik terkait kebijakan dan realisasinya serta akses masyarakat,dan juga terkait dengan stunting, kesehatan ibu anak.

 

Health and Nutrition Journalists Workshop ini merupakan program yang diberikan kepada 20 jurnalis terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia. Workshop ini akan diadakan di Jambi pada tanggal 14-15 November 2019 .

 

Apa itu Health and Nutrition Journalist Workshop ?

  • Merupakan program dengan durasi dua hari dengan delapan sesi materi tentang pentingnya kesehatan,nutrisi,  hal menarik yang bisa diangkat media terkait isu stunting, kesehatan ibu anak, gizi dan sanitasi lingkungan, tips dan teknik liputan kesehatan.
  • Fasilitator,  trainer dan narasumber dari praktisi kesehatan dan nutrisi

 

Siapa yang dapat mendaftar sebagai peserta?

  • Jurnalis dari berbagai platform media (cetak, online, televisi, dan radio) berpengalaman sebagai jurnalis minimum 2 tahun.

Apa yang dibiayai untuk peserta?

  • Biaya belajar termasuk material pendukung, akomodasi, konsumsi selama workshop
  • Transport dari kota asal ke Jambi PP

 

Bagaimana cara mendaftar sebagai peserta workshop ini?

  • Isi formulir, sertakan CV dan usulan liputan untuk bahan diskusi saat workshop.

 

Rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam link Google Form ini :

 

http://bit.ly/FormPendaftaran_HNJW2019

 

Selambat-lambatnya 31 Oktober 2019

 

Bagaimana proses seleksi?

  • Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk.
  •  Prioritas diberikan kepada pendaftar yang memberikan usulan liputan paling baik dan motivasi untuk menindaklanjuti hasil-hasil dari workshop.
  • Setiap pendaftar akan menerima pemberitahuan melalui email.

 

Setelah terpilih?

  • Peserta terpilih bersedia mengikuti seluruh materi workshop selama dua hari di Jambi pada 14-15 dan membuat follow up liputan sesuai tema yang disetujui serta mempublikasikan di media masing-masing.
  • Lima liputan terbaik akan mendapatkan apresiasi masing-masing @Rp 1.500.000,-

 

Informasi lanjut

email ke: sekolahjurnalismeaji@gmail.com atau melalui nomor Handphone/WhatsApp: 087884126405(Dian) atau 085782194068 (Arie).