MATI KARENA BERITA: Kisah Tewasnya Sembilan Jurnalis Indonesia

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mencatat terdapat sembilan kasus kematian jurnalis, yang sebagian besar dikategorikan masih gelap penyelesaiannya (dark number). Masing-masing: Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin (1996), Naimullah (1997), Agus Mulyawan (1999), M. Jamal (2003), Ersa Siregar (2003), Herliyanto (2006), Ardiansyah Matrais Wibisono (2010), Anak Agung Prabangsa (2009) dan Alfrets Mirulewan (2010). Hanya satu kasus pembunuhan yang pelakunya diproses hukum.

Karena itu, AJI Indonesia memandang perlu untuk melakukan riset kembali tentang posisi delapan dari sembilan kasus tersebut yang dikategorikan sebagai kasus dark number ini. Hasil riset dari sejumlah periset ini kemudian dituangkan ke dalam buku dengan judul “Mati karena Berita: Kisah Tewasnya Sembilan Jurnalis Indonesia”.

Buku ini bukan sekedar untuk mendokumentasikan kematian jurnalis di masa lalu. Ini adalah pengingat untuk kita semua bahwa impunitas pelaku kejahatan terhadap jurnalis masih menjadi tantangan terbesar di negeri ini.

DOWNLOAD 1101

Penulis:

Shinta Maharani; Dian Lestari; Juli Amin; Eben Haezer; Rudy Riwukaho; Muhammad Abdul Syah; Insany Syahbarwaty; Abdul Manan

Editor:

Abdul Manan