Catatan Akhir Tahun Komite Keselamatan Jurnalis 2022

Ancaman dan praktik-praktik represi di ranah digital semakin masif dirasakan menyasar jurnalis dan media sepanjang 2022. Hal ini menunjukkan bagaimana serangan digital digunakan sebagai cara yang populer dan dianggap efektif untuk mengganggu tugas jurnalistik serta mencederai kebebasan pers.

DOWNLOAD 72

Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) dideklarasikan di Jakarta, 5 April 2019. Komite ini bertujuan untuk mengadvokasi kasus kekerasan terhadap jurnalis dan media, serta memperjuangkan kemerdekaan Pers.
 

Lembaga ini beranggotakan sepuluh lembaga, terdiri dari organisasi pers, asosiasi pers dan organisasi masyarakat sipil, yaitu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Amnesty International Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), serta Federasi Serikat Pekerja Media Indonesia (FSPMI).