KUMPULAN HASIL KARYA JURNALISTIK PENERIMA BEASISWA LIPUTAN SUSTAINABILITY REPORTING

Buku: Menjaga Langit Tetap Biru

Tema “pembangunan berkelanjutan” menjadi topik menarik karena menjadi kepedulian masyarakat internasional. Ada kebutuhan besar untuk menerapkan konsep pembangunan ekonomi tanpa membahayakan sumber daya alam agar generasi mendatang bisa
memenuhi kebutuhannya. Ini juga menjadi inisiatif global yang tertuang dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang diadopsi negara anggota PBB pada 2015 lalu.

Bagi Sekolah Jurnalisme AJI (Aliansi Jurnalis Independen), merupakan kesempatan yang berharga bisa bekerja sama dengan The Global Reporting Initiative (GRI) dan didukung oleh State Secretariat for Economic Affairs, Economic Cooperation and Development (SECO), dalam program Training for Journalist Storytelling for Creating Public Demand for Corporate Accountability through Sustainability Reporting ini. Sesuai temanya, pelatihan ini berfokus pada peran perusahaan dalam soal pembangunan berkelanjutan itu.

Kegiatan ini merupakan rangkaian aktivitas dengan sasaran utama adalah jurnalis dari sejumlah kota di Indonesia. Programnya meliputi pelatihan di 3 Kota, yaitu di Gorontalo, Bandung, dan Balikpapan. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas jurnalis dalam menulis dan melaporkan tentang pelaporan dan praktik laporan berkelanjutan perusahaan, terutama dalam isu sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Usai pelatihan, sebagian dari jurnalis itu mendapatkan beasiswa untuk melakukan liputan. Untuk membantu “proses belajar” selama di lapangan, ada mentoring oleh wartawan senior. Mentoring diberikan sejak dari proses perencanaan, peliputan, dan penulisannya. Hasil karya para jurnalis yang mendapatkan beasiswa itu kemudian dituangkan menjadi buku yang kini berada di tangan Anda



Download