Pedoman Peliputan dan Pemberitaan Anak

Jurnalis di Indonesia punya sejumlah rujukan hukum dan etika dalam menjalankan profesinya. Secara hukum mengacu kepada Undang Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan Undang Undang No 32 tahun 2002 tentang Penyiaran. Untuk etika, rujukan utamanya adalah pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang disahkan Dewan Pers tahun 2006 dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS yang dikeluarkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Seperti umumnya kode etik, pengaturannya bersifat umum dan seringkali memerlukan tafsir dalam pelaksanaannya. Itu sebabnya di luar Kode Etik Jurnalistik juga ada sejumlah pedoman lain yang dibuat Dewan Pers.

Semangat itu pula yang mendorong AJI bekerjasama dengan UNICEF menerbitkan Pedoman Peliputan dan Pemberitaan Anak ini. Kami menyadari bahwa anak merupakan tema yang banyak ditemui jurnalis dan sering muncul dalam pemberitaan media. Pada saat yang sama juga muncul banyak kritik juga terhadap pemberitaan media soal ini, umumnya pada soal ketidakpekaan jurnalis terhadap “kepentingan anak”.

#Pedoman liputan #anak #jurnalis #media #Indonesia

DOWNLOAD 635

Penyusun: Endah Lismartini dan Nany Afrida
Editor: Abdul Manan
Ilustrasi: Fajar Arrifandhi
Desain dan Tata Letak: Krisna Sahwono
Cetakan Pertama: Februari 2020

Didukung oleh: UNICEF