Mawas Diri di Tengah Pandemi

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ada di semua sektor pekerjaan. Cakupannya luas meliputi pencegahan hingga penanganan risiko mulai dari proses seorang pekerja berangkat kerja, mengerjakan tugasnya bahkan hingga kemudian pulang kerja. Bahkan idealnya, kondisi tempat tinggal dan kehidupannya sehari-hari juga masuk dalam cakupan K3. Adanya sistem K3 yang baik dan budaya K3 yang dilestarikan oleh karena itu menjadi jawaban banyak permasalahan agar dunia kerja dan kehidupan bisa lebih baik dari waktu ke waktu.

Hal itu pula yang tergambar dari karya-karya jurnalistik tentang K3 yang dikerjakan para jurnalis pada masa pandemi Covid-19 yang masuk ke meja panitia Kompetisi Karya Jurnalistik tema “K3 di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan AJI dan ILO.

Buku ini adalah salah satu upaya AJI Indonesia dan ILO untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dan masyarakat luas terkait informasi kondisi K3 di berbagai sektor pekerjaan yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Buku ini berisi tentang problem K3 yang terjadi khususnya saat pandemi. Di dalamnya diulas mengenai akar persoalan, kritik, penanganan hingga solusi masalah K3 yang bisa dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan. Karya-karya ini menjadi bukti, fakta dan data yang mengangkat persoalan dengan dalam, rinci dan memerlukan respons tepat demi menciptakan sistem yang makin mumpuni.

Selamat membaca

DOWNLOAD 79

KARYA KATEGORI CETAK/ONLINE:

Bimo Aria Fundrika, Fransiskus Wisnu Wardhana Dany, Ayu Prawitasari, Dian Muhtadiah Hamna,  Hasya Nindita, Nyoman Ary Wahyudi, Muhamad Taslim Dalma, Iwan Arifianto, Ajo Darisman dan Nurul Nur Azizah, Dhana Kencana dan Tim

 

KARYA KATEGORI FOTO:

Simon Dodit Yogo Pitoyo, Prima Mulia, Aji Hendro, Arie Basuki,  Anis Efizudin, Aristono Edi Kiswantoro,  Dery Ridwansah, Ferganata Indra Riatmoko, Maman Sukirman, Oky Lukmansyah