Open Recruitment Training of Trainers (ToT) Pre-bunking Google News Initiative AJI - Google News Initiative 2022

1 Aug 2022 09:57 am | Oleh : Naharin Ni'matun

AJI Indonesia berkolaborasi dengan Cekfakta.com dengan dukungan Google News Initiative menyelenggarakan Training of Trainers Pre-bunking Google News Initiative. Pre-bunking adalah upaya pencegahan penyebaran misinformasi dengan cara membuat konten periksa fakta. Pre-bunking salah satu teknik pemeriksa fakta, sehingga penting diketahui bagi jurnalis dan pemeriksa fakta sebelum melakukan debunking. 

Peserta akan dilatih oleh trainer tersertifikasi oleh Google News Initiative yang telah berpengalaman dalam melatih jurnalis dan newsroom di Indonesia. Materi yang akan disampaikan selama ToT antara lain: mengenali prebunking, trend mis-dis informasi, memetakan narasi politis mis/disinformasi, memetakan informasi manipulasi, dan bagaimana cara memproduksi konten pre bunking. Melalui pelatihan ini peserta akan melatih jurnalis di daerah yang sudah ditentukan AJI Indonesia. 

Syarat mengikuti pelatihan: 

  • Berstatus sebagai jurnalis dengan minimal 5 tahun atau pemeriksa fakta minimal 3 tahun. 

  • Pernah mengikuti pelatihan cek fakta. 

  • Bersedia mengikuti rangkaian ToT selama 2 (dua) hari yang diselenggarakan secara luring (offline) pada tanggal 27-28 Agustus 2022. 

  • Mendapatkan dukungan dari newsroom/media tempat bekerja untuk mengikuti training dan berkomitmen untuk melatih training di daerah yang sudah ditentukan AJI Indonesia. 

  • Menyatakan komitmen dan kesediaan dengan melampirkan surat persetujuan redaktur. Contoh surat persetujuan dapat diunduh di https://bit.ly/surat_redaksi. (Teknis detail mengenai ini akan diberitahukan saat ToT berlangsung). 

Untuk mendaftar, silakan mengisi google form dalam tautan berikut: https://bit.ly/TOT_Prebunking22.  

Pendaftaran akan ditutup pada 10 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB.

Panitia akan melakukan proses seleksi pada seluruh pendaftar dan memilih 20 jurnalis yang akan menjadi peserta ToT Pre-bunking ini. Seluruh peserta yang mendaftar akan mendapatkan email dari panitia terkait diterima atau tidaknya untuk mengikuti ToT. 

Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan, silakan menghubungi staf AJI Indonesia, Naharin melalui email naharin@ajiindonesia.or.id dengan subjek: Pertanyaan ToT Pre Bunking Google News Initiative 2022.