Open Recruitment Training of Trainers (TOT) Google News Initiative Training Network 2022

2 Dec 2021 20:31 pm | Oleh : Naharin Ni'matun

Ilustrasi

AJI Indonesia bekerjasama dengan Google News Initiative kembali menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) untuk jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia. Fokus ToT ini untuk melatih jurnalis menjadi trainer Google News Initiative dari AJI Indonesia. Dalam pelatihan ini, calon trainer akan mempelajari sejumlah tools online guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang terindikasi hoax, serta melakukan pengecekan kebenaran rumor yang beredar di dunia maya.

Peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai analisa dasar informasi digital, pencarian dan penelusuran data,  kebersihan data digital (digital hygiene), dan beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara daring.  Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan skill tersebut dalam kerja jurnalistiknya.

Karena itu AJI bekerja sama dengan Google News Initiative akan menggelar Training of Trainers (TOT) Google News Initiative Training Network di Jakarta selama 3 hari secara luring (Offline). Training of Trainers (TOT) akan dibagi menjadi 2 batch, batch 1 akan dilaksanakan pada Jumat - Minggu, 14-16 Januari 2022 dan batch 2 akan dilaksanakan pada Jumat - Minggu, 11-13 Februari 2022. 

Jurnalis yang tertarik mengikuti TOT harus memenuhi beberapa persyaratan berikut: 

  • TOT terbuka bagi jurnalis maupun citizen journalist yang memiliki pengalaman minimal 6 tahun; 

  • Bersedia mengikuti rangkaian TOT selama 3 (tiga) hari penuh;

  • Bersedia mengadakan follow up training di newsroom masing-masing;

  • Bersedia menjadi trainer untuk minimal dua kali training yang akan diadakan AJI. 

  • Mendapatkan dukungan dari rekdatur untuk mengikuti training dan menyelenggarakan training lanjutan di newsroom masing-masing melibatkan minimal 15 jurnalis dengan melampirkan surat persetujuan redaktur. Contoh surat persetujuan dapat diunduh di https://bit.ly/persetujuan_redaktur. Teknis detail mengenai ini akan diberitahukan saat ToT berlangsung. 

Untuk mendaftar, silakan mengisi link google form berikut: https://bit.ly/TOT_GNI2022

Panitia akan melakukan proses seleksi untuk memilih 50 jurnalis yang akan menjadi peserta TOT tahun 2022. Seluruh peserta yang mendaftar akan mendapatkan email dari panitia terkait diterima atau tidaknya untuk mengikuti TOT. 

Untuk informasi dan pertanyaan terkait kegiatan ini, silakan menghubungi kami melalui email berikut: naharin@ajiindonesia.or.id dengan subjek: ToT GNI Jurnalis 2022. 

Pendaftaran Google News Initiative Training Network Batch 1 & 2 ini dibuka sampai 10 Januari 2022 pukul 15.00 WIB.