Open Recruitment Training of Trainers (ToT) Literasi Digital untuk Akademisi 2022

9 Dec 2021 16:22 pm | Oleh : Naharin Ni'matun

Ilustrasi

AJI Indonesia bekerjasama dengan Google News Initiative akan menyelenggarakan Training of Trainers Literasi Digital untuk 20 Akademisi dari berbagai kampus di wilayah Indonesia tengah dan timur. Peserta akan dilatih oleh trainer tersertifikasi oleh Google News Initiative yang telah berpengalaman dalam melatih jurnalis, newsroom dan berbagai kampus di Indonesia. Materi yang akan disampaikan selama ToT antara lain: mengenali informasi digital, mis-dis informasi, jurnalisme digital, verifikasi informasi digital, pengetahuan serta tools keamanan digital dan menyampaikan materi sebagai trainer. 

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat mentransfer skill tersebut kepada sesama akademisi dengan menyelenggarakan training literasi digital secara mandiri pasca pelatihan dan mengembangkannya sebagai materi ajar di kampus. 

Syarat mengikuti pelatihan: 

  • Berstatus sebagai dosen jurusan jurnalistik atau komunikasi di kampus negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, NTT dan NTB.

  • Berusia 30-45 tahun. 

  • Bersedia mengikuti rangkaian ToT selama 3 (tiga) hari yang diselenggarakan secara luring (offline) pada tanggal 20 - 22 Januari 2022. 

  • Mendapatkan dukungan dari pihak kampus untuk mengikuti training dan berkomitmen untuk menyelenggarakan training lanjutan di kampus masing-masing dengan melibatkan minimal 10 peserta. 

  • Menyatakan komitmen dan kesediaan dengan melampirkan surat persetujuan. Contoh surat persetujuan dapat diunduh di https://bit.ly/surat_persetujuan_kampus. (Teknis detail mengenai ini akan diberitahukan saat ToT berlangsung).

Untuk mendaftar, silakan mengisi google form dalam tautan berikut: https://bit.ly/TOT_GNI_Akademisi2022

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 27 Desember 2021 pukul 17.00 WIB.

Panitia akan melakukan proses seleksi pada seluruh pendaftar dan memilih 20 akademisi yang akan menjadi peserta ToT tahun ini. Panitia akan melakukan wawancara lanjutan kepada calon peserta terpilih untuk memastikan komitmen peserta pascapelatihan. Seluruh peserta yang mendaftar akan mendapatkan email dari panitia terkait diterima atau tidaknya untuk mengikuti ToT. 

Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan, silakan menghubungi staf AJI Indonesia, Naharin melalui email naharin@ajiindonesia.or.id dengan subjek: Pertanyaan ToT Literasi Digital untuk Akademisi  GNI 2022.