Kolaborasi Danone-SJAJI Tingkatkan Kapasitas Jurnalis Melalui Program HNJA

14 Dec 2019 22:35 pm | Oleh : Abdul Manan

Jakarta, 13 Desember 2019 - Sebanyak 13 jurnalis yang mengikuti Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) 2019 mengikuti kelulusannya dari program ini, Jumat 13 Desember 2019. Para jurnalis muda dari berbagai media nasional ini dinyatakan lulus setelah menyelesaikan sesi edukasi selama kurang lebih dua bulan di mana mereka mendapatkan materi peningkatan ketrampilan bidang jurnalistik dan tema soal kesehatan dan nutrisi dari para pakarnya.

HNJA merupakan program pendidikan untuk wartawan yang terselenggara atas kolaborasi Sekolah Jurnalisme Aliansi Jurnalis Independen (SJAJI) dan Danone Indonesia.  Akademi ini bertujuan memberikan penguatan kapasitas dan pengetahuan jurnalis di Indonesia agar lebih memahami masalah dasar kesehatan dan nutrisi serta memberikan dorongan kepada media agar memberi perhatian besar dalam peliputan terkait pemenuhan hak dasar masyarakat tersebut.

Sebagai karya akhir, para peserta HNJA diminta menghasilkan sebuah liputan mendalam terkait isu kesehatan dan nutrisi dengan memilih tema liputan berdasakan inspirasi yang didapatkan selama kelas berlangsung.  Sebelumnya, peserta telah dibekali materi antara lain pengetahuan dasar isu kesehatan dan nutrisi, politik anggaran bidang kesehatan ibu dan anak, kesehatan dan nutrisi dalam pemberitaan media, serta evolusi & ketahanan pangan. Peserta juga mendapatkan meteri memahami, mengolah dan menyajikan data untuk menghasilkan liputan mendalam yang berkualitas dan akurat.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, “Sebagai Perusahaan yang memiliki misi untuk membawa kesehatan kepada sebanyak mungkin orang, kesehatan dan nutrisi sangatlah penting bagi kami.  Kami yakin bahwa dengan lebih banyak lagi individu yang sehat, maka sumber daya manusia di Indonesia akan lebih produktif sehingga dapat membawa bangsa kita  lebih maju lagi. Untuk itu, kami melihat edukasi kepada masyarakat terkait isu kesehatan dan nutrisi sangatlah penting.“

Vera juga menambahkan, melalui HNJA ini diharapkan dapat memperkaya referensi yang komprehensif dan akurat mengenai tema kesehatan dan nutrisi.  “Dengan mengikuti HNJA, para peserta yang merupakan jurnalis muda telah mendapatkan pengetahuan mengenai kesehatan dan nutrisi dari pakarnya sehingga dapat melahirkan karya jurnalistik untuk mengedukasi masyarakat mengenai isu ini. Kami percaya melalui media masyarakat bisa mendapatkan pencerahan melalui informasi-informasi yang akurat dengan sumber-sumber yang tepat terkait isu kesehatan dan nutrisi. Selamat kepada lulusan HNJA tahun ini, semoga karya-karya mereka dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia yang lebih sehat,” tambah Vera.  

Ketua AJI Indonesia, Abdul Manan mengatakan, HNJA ini merupakan salah satu inisiatif AJI untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan jurnalis dalam isu kesehatan. Sebab, tema kesehatan merupakan topik penting yang selayaknya diberi porsi memadai oleh media dan dipelajari lebih serius oleh jurnalis. “HNJA ini merupakan salah satu upaya menjadikan topik tentang kesehatan bisa dipahami lebih baik dan mendapatkan peliputan lebih besar di media,” kata Manan.

Untuk peserta HNJA di Jakarta ini, ada proses seleksi sehingga akhirnya ada 13 peserta yang lolos. Selama mengikuti pelatihan dan membuat karya jurnalistik mereka mendapatkan pendampingan dari para mentor yang merupakan jurnalis senior, yaitu Febrina Siahaan, Mustakim (Viva.co.id), dan Dian Yuliastuti (TEMPO).

Pada malam apresiasi ini terdapat tiga jurnalis yang akan mendapatkan penghargaan sebagai The Best Graduates. Para peserta telah melalui berbagai penilaian sejak awal mengikuti kelas hingga menyelesaikan karya jurnalistik, yang merupakan karya akhir berupa liputan mendalam terkait isu kesehatan dan nutrisi. Malam apresiasi ini turut dihadiri oleh Bapak Sakri Sab’atmaja, Kasubdit  Advokasi dan Kemitraan, Subdirektorat Advokasi dan Kemitraan- Direktorat Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Tiga peserta yang dinobatkan sebagai peserta terbaik sebagai berikut:

  • Ferlynda Putri Sofyandari (Jawa Pos)
  • Deonisia Arlinta Graceca (Kompas)
  • Lusia Febriana Arumingtyas (Mongabay)

Selain HNJA yang diselenggarakan di Jakarta ini, Danone Indonesia bersama dengan SJAJI juga menggelar workshop singkat seputar kesehatan dan nutrisi melalui Health and Nutrition Journalist Workshop (HNJW) di Jambi 14-15 November 2019 yang lalu. Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian Festival Media AJI 2019 di Jambi. Peserta yang mengikuti HNJW itu dipilih melalui proses seleksi yang ketat, sehingga akhirnya terpilih 20 orang jurnalis di berbagai daerah di Indonesia. Dari 20 jurnalis, dipilih lima tulisan terbaik yang telah diterbitkan.