Open Recruitment Online Holistic Safety Training: Untuk Jurnalis Perempuan atau Jurnalis Korban Kekerasan

2 Nov 2020 17:56 pm | Oleh : Naharin Ni'matun

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mengundang Anda untuk mengikuti program “Online Holistic Safety Training”. Sebuah program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami aspek keamanan fisik, digital, hukum, dan psikososial dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Pelatihan akan diadakan secara daring melalui platform learning management system yang telah disediakan, sehingga terjamin keamanannya.

 

Program apakah ini?

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran jurnalis agar menjalankan profesi dengan aman dari aspek fisik, digital, hukum dan psikososial, dengan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan antisipasi serta mitigasi kekerasan fisik, digital, hukum, dan psikososial termasuk kekerasan berbasis gender. Diharapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, risiko kekerasan dan dampak kekerasan dapat diminimalisasi, sehingga memiliki rasa aman ketika menjalankan profesinya.

 

Pelatihan online akan diadakan selama 2 (dua) minggu untuk menyelesaikan 20 modul yang telah disusun oleh tim trainer berpengalaman di bidang keamanan fisik, digital, hukum, dan psikososial. Pelatihan ini akan dilakukan melalui platform daring untuk pertemuan, diskusi, dan praktikum termasuk ruang kelas virtual.

 

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Kami membuka peluang untuk seluruh kalangan jurnalis di Indonesia dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun. Kali ini kami memprioritaskan pada jurnalis perempuan atau jurnalis yang pernah mengalami atau korban kekerasan. Program ini akan diberikan kepada peserta terpilih melalui mekanisme seleksi dengan pertimbangan latar belakang dan pengalaman tersebut.

 

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?

Untuk dapat menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Form ini: http://bit.ly/daftar_holisticsafety

Batas waktu penerimaan formulir pada tanggal 8 November 2020.

 

Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari redaktur untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti training selama 2 minggu secara online. Peserta akan diberikan pembekalan di awal untuk memahami metode dan struktur online platform yang digunakan. Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini.

 

Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta mengirimkan CV kepada panitia. Panitia juga akan menyediakan material dan safety kits (berupa kaos lengan panjang, penggantian pulsa internet, lisensi anti virus, dan harddisk eksternal) untuk seluruh peserta yang lolos dan telah mengikuti seluruh rangkaian acara.

 

Perlu informasi lebih lanjut?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: onlinecourse@ajiindonesia.or.id dengan subjek: Holistic Safety Training