AJI dan Thomson Foundation didukung IFJ Luncurkan Online Course Covid-19

8 Apr 2021 11:57 am | Oleh : Naharin Ni'matun

Ilustrasi

Pandemi Covid-19 membuat pola kerja jurnalis berubah. Jurnalis harus bisa beradaptasi di tengah situasi yang belum kondusif ini. Mereka harus tetap produktif mendapatkan informasi untuk masyarakat. Berangkat dari hal ini, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bersama Thomson Foundation dengan dukungan IFJ meluncurkan kursus online Covid-19 berbahasa Indonesia. 

Kursus ini diadaptasi dari versi bahasa Inggris ke versi bahasa Indonesia dengan penyesuaian pada kontekstual di Indonesia. Adaptasi dilakukan oleh tim Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Tujuannya adalah untuk membantu jurnalis  beradaptasi ketika melakukan peliputan di masa pandemi. Kursus juga telah dirancang secara singkat dan padat sehingga mudah dipahami. Ada tujuh tema yang dapat diikuti dan sangat berkaitan dengan kegiatan sehari-hari jurnalis dalam melakukan peliputan.

Berikut ini tujuh tema yang ada dalam kursus ini: 

  • Bagian 1 memberikan gambaran umum kursus dan memperkenalkan para instruktur serta pakar media yang akan memandu Anda memahami proses terkait keamanan.

  • Bagian 2 menggali apa yang telah kita ketahui mengenai Covid-19 serta  memperhitungkan pengecekan dan berbagai langkah dalam merencanakan peliputan.

  • Bagian 3 menelaah prinsip-prinsip keselamatan jurnalisme di masa krisis, termasuk dalam hal kebersihan pribadi dan sanitasi peralatan.

  • Bagian 4 memuat perkembangan mengenai vaksin terutama untuk COVID-19 yang ada di Indonesia serta bagaimana meliputnya.

  • Bagian 5 memuat daftar petunjuk untuk memastikan bahwa masyarakat yang berinteraksi dengan Anda tetap aman sepanjang waktu.

  • Bagian 6 menyediakan “pengukur risiko” dan informasi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan berita secara aman.

  • Bagian 7 memuat kiat-kiat penting dalam merekam video dan audio, serta masukan para pakar tentang cara beradaptasi di masa pandemi.

  • Bagian 8 menunjukkan cara agar Anda dan keluarga tetap aman, serta cara mendapat bantuan agar Anda tidak menjadi korban trauma atau tekanan emosional.

 Bagi jurnalis yang ingin mengikuti online course ini, silakan kunjungi: http://bit.ly/covid-19_course 

 

Narahubung:

Naharin, naharin@ajiindonesia.or.id 

Febrina, febrina@ajiindonesia.or.id