3 Tim Terbaik yang Berpartisipasi dalam University Verification Challenge

4 May 2021 13:18 pm | Oleh : Naharin Ni'matun

Google News Initiative (GNI) bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) telah menyelenggarakan University Verification Challenge. University Verification Challenge adalah 6 serial kuis mengenai verifikasi untuk tingkat pemula yang harus dijawab oleh mahasiswa dalam tim beranggotakan tiga orang. Program ini diluncurkan di seluruh Asia dalam 7 bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Hindi, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Thailand. 

Pendaftaran berlangsung mulai 1-9 April 2021, sedangkan ke-6 kuis disampaikan bertahap pada 12-23 April 2021. Lebih dari 206 tim terdaftar dan 84 tim telah menyelesaikan kuis dengan baik. Tim yang berhasil menyelesaikan kuis kemudian kami pilih menjadi tiga tim terbaik yang akan mendapatkan doorprize dari AJI Indonesia. Berikut tiga tim tersebut:

  1. Pulitzer 
  • Ketua tim: Siti Sarah - Stikom Bandung
  • Anggota tim: Kania Renanti Wulandari & Tamara Medinah - Stikom Bandung
  1. Frinz Team

  • Ketua tim: Rahajeng Maharani Putri  - Universitas Gadjah Mada 
  • Anggota tim: Nuha Khairunnisa & Muhammad Iqbal Haqiqi - Universitas Gadjah Mada 
  1. Three Musketeers (Runner Up)

  • Ketua tim: Yolanda Savira - Universitas Lampung 
  • Anggota tim: Monica Viny Angraini &Yunia Tresia - Universitas Lampung 

Kami mengucapkan selamat untuk semua peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Tim Anda termasuk di antara sedikit peserta yang telah menguasai langkah pertama untuk menjadi pemeriksa fakta. 

Kegiatan berikutnya yang bisa Anda ikuti adalah Lokakarya Verifikasi Google News Initiative. Untuk pendaftaran dan informasi lainnya, silakan lihat di tautan ini: http://bit.ly/Univ_WorkshopsGNI 

Terima kasih dan sampai jumpa di kegiatan berikutnya.

 

Panitia

AJI Indonesia 











 

Halo rekan-rekan calon fact checkers,

 

Kami mengucapkan selamat kepada Anda dan tim, karena masuk sebagai 300 pendaftar pertama dalam event University Verification Challenge. Sesuai dengan pemberitahuan sebelumnya, bagi 300 pendaftar pertama akan mendapatkan voucher pulsa dari panitia. 

 

Bagi Anda yang mendapatkan email ini, silakan kirim 3 nomor telepon tim Anda. Panitia akan mengirimkan voucher pulsa langsung ke nomor masing-masing anggota tim.

 

Jika ada yang belum jelas, silakan kontak kembali di email ini.

 

Salam

 

Panitia 

AJI Indonesia