Training of Trainers  (ToT) "Journalist Safety & Security Training"

28 Jun 2021 15:19 pm | Oleh : Putri Tirtasari

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dengan dukungan USAID dan Internews, mengundang Anda untuk mengikuti program Training of Trainers  (ToT) "Safety & Security Training". Sebuah program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami aspek keamanan fisik, keamanan digital dan aspek hukum dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Peserta akan dilatih untuk menjadi trainer dan dapat menyampaikan materi keamanan dan keselamatan jurnalis serta bagaimana berinteraksi dengan peserta dalam bentuk pelatihan daring maupun luring.

 

ToT akan dilaksanakan secara virtual meeting dengan jumlah 10 (sepuluh) sesi serta beberapa pembelajaran mandiri yang harus dipelajari oleh peserta sebelum mengikuti sesi virtual meeting.

 

Program apakah ini?

Program ini bertujuan untuk mendapatkan input mengenai materi safety and security training yang disesuaikan dengan konteks lokal, melatih jurnalis menjadi pelatih safety and security training yang akan diadakan di beberapa daerah, serta memetakan daerah yang perlu diberikan dukungan pelatihan keamanan dan keselamatan jurnalis.

 

Pelatihan online akan diadakan sebanyak 10 (sepuluh) sesi untuk menyelesaikan modul-modul yang telah disusun oleh tim trainer berpengalaman di bidang keamanan fisik, digital, dan hukum. Pelatihan ini akan dilakukan melalui platform daring untuk pertemuan, diskusi, dan praktikum termasuk ruang kelas virtual.

 

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Kami membuka peluang untuk jurnalis yang pernah mengikuti pelatihan keamanan dari AJI. Program ini akan diberikan kepada 20 peserta terpilih melalui mekanisme seleksi dengan pertimbangan latar belakang dan pengalaman tersebut.

 

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?

Untuk dapat menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Form ini: https://bit.ly/recruitmenttotsafety

Batas waktu penerimaan formulir pada tanggal 28 Juni 2021.

 

Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari redaktur untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti training selama 2 minggu secara online. Peserta akan diberikan pembekalan di awal untuk memahami metode dan struktur online platform yang digunakan. Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini.

 

Perlu informasi lebih lanjut?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: onlinecourse@ajiindonesia.or.id dengan subjek: TOT Safety & Security Training.