Open Recruitment: Journalist Safety & Security Training

30 Aug 2021 09:20 am | Oleh : Putri Tirtasari

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dengan dukungan USAID dan Internews, mengundang Anda untuk mengikuti program "Journalist Safety & Security Training". Sebuah program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami aspek keamanan fisik, keamanan digital dan aspek hukum dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Peserta akan dilatih oleh trainer yang ditunjuk oleh AJI Indonesia.

Training akan dilaksanakan secara virtual meeting dengan jumlah 8 (delapan) sesi serta beberapa pembelajaran mandiri yang harus dipelajari oleh peserta sebelum mengikuti sesi virtual meeting. Training akan dilaksanakan di 10 (sepuluh) kota dengan peserta masing-masing 20 (dua puluh) jurnalis tiap kota.

Program apakah ini?

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai keamanan dan keselamatan diri dari aspek keamanan fisik, keamanan digital dan hukum dengan disesuaikan konteks lokalitas masing-masing.

Training akan diadakan sebanyak 8 (delapan) sesi untuk menyelesaikan modul-modul yang telah disusun oleh tim trainer berpengalaman di bidang keamanan fisik, digital, dan hukum. Pelatihan ini akan dilakukan melalui platform daring untuk pertemuan, diskusi, dan praktikum termasuk ruang kelas virtual.

Training akan dilaksanakan sebanyak 10 kota, dengan jadwal sebagai berikut:

  • Bandar Lampung (4-5 September 2021)
  • Samarinda (10-12 September 2021)
  • Ambon (10-12 September 2021)
  • Semarang (10-15 September 2021)
  • Malang (11, 12, 17, 18, 19, 24, 25, 26 September 2021)
  • Gorontalo (13-16 September 2021)
  • Makassar (13-20 September 2021)
  • Medan (15-19 September 2021)
  • Palu (22-24 September 2021)
  • Surabaya (25, 27, 28, 29 dan 30 September 2021)

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Kami membuka peluang untuk jurnalis yang memiliki pengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun. Program ini akan diberikan kepada 20 peserta terpilih melalui mekanisme seleksi dengan pertimbangan media, pengalaman, dan keseimbangan gender.

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?

Untuk dapat menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran yang ada dalam Form ini: https://bit.ly/regtrainingsafety

Batas waktu penerimaan formulir pada tanggal 20 September 2021.

Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru, surat rekomendasi dari redaktur dan surat pernyataan kesediaan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara penuh, untuk mengikuti kegiatan ini.

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti training secara online. Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini.

Apakah yang didapat sebagai peserta?

  1. Sertifikat
  2. Subsidi internet
  3. Paket keamanan fisik dan digital berupa: Hard disk eksternal, Laptop Camera Cover, Masker, dan P3K.

Perlu informasi lebih lanjut?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: onlinecourse@ajiindonesia.or.id dengan subjek: Training Safety & Security.