AJI Mengadakan Training Literasi Digital untuk Akademisi dan Jurnalis di 10 Kota

20 May 2022 16:02 pm | Oleh : Naharin Ni'matun

AJI Indonesia bekerjasama dengan Google News Initiative di bawah kolaborasi CekFakta.com, akan menyelenggarakan Training Literasi Digital untuk Akademisi dan Jurnalis dari berbagai wilayah Indonesia. Peserta akan dilatih oleh trainer tersertifikasi oleh Google News Initiative yang telah berpengalaman dalam melatih jurnalis, newsroom dan berbagai kampus di Indonesia. 

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memiliki dan meningkatkan pemahaman mengenai informasi digital, mis-dis informasi, jurnalisme digital, verifikasi informasi digital dan tools keamanan digital.  Selain itu, AJI berharap kedepannya peserta dapat mentransfer skill tersebut kepada sesama akademisi dan jurnalis. 

Adi Marsiela, selaku koordinator Cekfakta.com mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk kolaborasi dalam rangka menyebarkan literasi digital pada kalangan akademisi dan jurnalis. “Pelatihan literasi digital ini semoga bisa memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pesertanya. Tantangan bagi jurnalis dan publik lebih luas adalah menyaring informasi yang beredar di platform dan media sosial. Pelatihan ini akan membekali akademisi dan jurnalis dengan materi yang memadai agar dapat memilah informasi dengan tools dan literasi yang cukup untuk membendung misinformasi dan disinformasi.“  

Menurut Sasmito, Ketua Umum AJI Indonesia, kolaborasi kali ini diperlukan untuk saling bahu membahu melawan misinformasi. Jurnalis perlu melakukan kolaborasi dengan akademisi untuk melawan misinformasi. “Jurnalis tidak akan mampu memverifikasi semua informasi di era disrupsi digital. Butuh kolaborasi untuk menjernihkan informasi, termasuk dengan akademisi. Karena itu, training ini diharapkan dapat memperbanyak dan memperkuat kolaborasi publik dalam memilah fakta, terutama menjelang pemilu 2024. Untuk itulah training ini dilaksanakan yang merupakan kolaborasi jurnalis dan akademisi agar dapat memperkuat melawan misinformasi.” 

Training ini akan dilaksanakan di 10 kota di Indonesia secara luring (offline), dengan jadwal sebagai berikut:

  • Yogyakarta (23-24 Mei 2022)

  • Lhokseumawe (2-3 Juni 2022) 

  • Balikpapan (16-17 Juni 2022)

  • Ternate (30 Juni - 1 Juli 2022) 

  • Mandar/Mamuju (14-15 Juli 2022)

  • Manado (28-29 Juli 2022) 

  • Semarang (11-12 Agustus 2022) 

  • Pontianak (25-26 Agustus 2022) 

  • Jember (8-9 September 2022) 

  • Jambi (22-23 September 2022) 

Pendaftaran akan dilakukan di masing-masing kota tempat pelatihan dilaksanakan dengan menghubungi AJI kota terdekat. Informasi lain seputar pelatihan bisa ditanyakan staf AJI Indonesia, Naharin melalui email naharin@ajiindonesia.or.id dengan subjek: Pertanyaan Training Literasi Digital untuk Akademisi  dan Jurnalis 2022.