Master Class Digital Financial Literacy bukan hanya untuk mendorong literasi keuangan digital kepada jurnalis, tapi juga masyarakat.

#Master Class Digital Financial Literacy

Citi Indonesia dan AJI Indonesia Umumkan Lulusan Terbaik Program

Malam apresiasi lulusan Master Class Digital Financial Literacy 2018, Sabtu (23/11), dok. AJI Indonesia


AJIINDONESIA, Jakarta – Citi Indonesia (Citibank) bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mengumumkan lulusan terbaik dari program “Master Class Digital Financial Literacy 2018” dalam acara malam apresiasi bagi para insan jurnalis, di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11).

Citi Indonesia dan AJI menetapkan 3 wisudawan/wisudawati terbaik selama periode program berlangsung. Ketiganya memperoleh Journalistic Awards. Lulusan terbaik pertama adalah Caecilia Mediana dari Harian Kompas. lulusan terbaik kedua disabet Galvan Yudistira dari harian Kontan dan ketiga, Afwan Purwanto dari RTV.

Mereka yang ditetapkan sebagai lulusan terbaik berasal dari 16 jurnalis senior sebagai perwakilan media nasional dan lokal di Indonesia. Belasan peserta ini sebelumnya juga telah diseleksi secara ketat oleh Citi Indonesia dan Sekolah Jurnalisme AJI.

Pengumuman bergengsi ini dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi, Director Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki dan Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Manan. 

Program “Master Class Digital Financial Literacy 2018” merupakan sebuah program kerjasama antara Citi Indonesia dan  AJI Indonesia bertujuan meningkatkan kualitas dan pemahaman para jurnalis terhadap dunia ekonomi dan bisnis khususnya perbankan serta teknologi. Hal ini diharapkan bisa mendorong tumbuhnya liputan media yang berkualitas dan mendalam. Program master class ini juga diharapkan mendorong literasi masyarakat untuk keuangan yang mumpuni melalui pemberitaan yang komprehensif dan terkini dari berbagai media terpercaya.

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, lembaganya berkomitmen mendukung dan melaksanakan finansial edukasi dan literasi bagi masyarakat, termasuk akselerasi pemahaman akan digital financial dan digital banking yang berkembang sangat pesat. "Pelaksanaan program ini diharapkan dapat mengoptimalkan edukasi kepada masyarakat luas melalui rekan-rekan jurnalis dengan kualitas liputan yang terpercaya, edukatif dan beretika," katanya.

Citi Indonesia merupakan bank berskala global yang hadir di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi serta berfokus kepada digitalisasi dan inovasi teknologi perbankan. 

"Saya ucapkan selamat kepada para peserta yang telah berhasil melalui program ini dengan sangat baik,” tambah Batara.

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Abdul Manan menjelaskan, "Melihat pesatnya perkembangan dunia digital saat ini, para jurnalis harus memiliki kapasitas serta kemampuan pengetahuan yang baik dalam melakukan kegiatan reportase di lapangan. Dengan diumumkannya wisudawan/wisudawati program ini serta pemilihan 3 wisudawan dan wisudawati terbaik, para peserta diharapkan mampu memperoleh pengetahuan baru dalam hal dunia digital, terutama di industri keuangan.”

Abdul Manan juga mempertegas jika program ini merupakan upaya dari AJI Indonesia guna meningkatkan profesionalisme jurnalis, dengan berpedoman kepada tiga pilar perjuangan yang dimiliki oleh AJI Indonesia yakni, memperjuangkan kebebasan pers, profesionalisme jurnalis dan kesejahteraan jurnalis.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menambahkan, program master class yang pertama kali diadakan Citi Indonesia dan AJI Indonesia menghadirkan modul pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dunia digital. Hal ini mulai dari financial technology (fintech),
digital banking, e-commerce, venture capital, e-tax, virtual card accounts, hingga blockchain, data visualization dan penguatan soft skill yang diberikan oleh mentor yang berkualitas di bidangnya. 

"Dengan beragam modul yang berfokus pada teknologi dan inovasi berbasis digital, kami melihat bahwa tren digitalisasi akan terus melahirkan disrupsi, yang akan mengubah bagaimana cara masyarakat menjalani hidup. Secara makro, disrupsi dan inovasi ini akan mempengaruhi pergerakan roda perekonomian, baik secara global maupun di Indonesia. Kami berharap agar masyarakat memiliki pemahaman yang baik tentang tren digitalisasi ini sehingga peran media sangatlah penting dalam menyebarkan wawasan dan pengetahuan terkait literasi keuangan berbasis digital," kata Elvera N. Makki.

16 Peserta Masterclass Digital Financial Literacy 2018 Citi Indonesia dan AJI Indonesia 2018:

1. Abdul Malik - Detik Sumsel
2. Afwan Purwanto - RTV
3. Ali Akhmad Noor Hidayat - Tempo Inti Media
4. Azizah Nur Alfi - Bisnis Indonesia
5. Caecilia Mediana - Harian Kompas
6. Dian Wahyu Kusuma - Lampung Post/lampungpost.id
7. Fira Abdurachman - KOMPAS.com
8. Galvan Yudistira - KONTAN
9. Hendry Roris P Sianturi - GATRA
10. Iit Septyaningsih - Republika
11. Inesa Ayuniza Rahmitha - CNN INDONESIA TV
12. Iqbal Musyaffa - Anadolu Agency
13. Lori Singer Elizabet Siregar - KOMPAS TV
14. Mega Dwi Anggraeni - Independen.id
15. Raden Jihad Akbar - VIVA.co.id
16. Wiyanto - Industry.co.id