Era disrupsi digital saat ini perkembangan teknologi yang makin pesat dapat mengubah suatu industri, termasuk industri perbankan

#SJAJI #Commonwealth bank

Gandeng AJI, Bank Commonwealth Dorong Peningkatan Kualitas Editor Indonesia

Peserta Banking Editors Masterclass bersama perwakilan Commonwealth dan AJI saat pembukaan kelas, Selasa (26/03)


AJIINDONESIA, Jakarta – Dalam memberikan kontribusi terhadap komunitas khususnya editor Indonesia, Bank Commonwealth bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan Banking Editors Masterclass untuk pertama kalinya pada hari ini hingga Mei mendatang.

Program beasiswa pendidikan khusus untuk editor media di Indonesia ini dikembangkan secara berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, pemahaman, dan critical thinking (berpikir kritis) para editor terhadap dunia perbankan dan teknologi finansial, terutama dari sisi tren, perkembangan industri perbankan, aspek bisnis, operasional, dan risikonya di era disrupsi digital yang dapat mendorong berkembangnya informasi berupa artikel di media yang berkualitas dan mendalam terkait dengan isu-isu perbankan dan teknologi finansial.

Chief of Marketing, Corporate Affairs & Legal Bank Commonwealth Leila Djafaar mengungkapkan bahwa di era disrupsi digital saat ini perkembangan teknologi yang makin pesat dapat mengubah suatu industri, termasuk industri perbankan. “Perbankan harus menghadapi era yang begitu cepat dan dinamis perubahannya, kami pun mengikuti arus perubahan ini agar terus dapat mengimbangidisrupsi digital. 

Di sisi lain, perubahan era ini juga menuntut editor yang memiliki peran vital dengan critical thinking-nya harus memahami betul isu perbankan dan financial technology agar dapat menyebarkan informasi secara mendalam. Oleh karena itu, kami mengadakan program khusus untuk editor agar para editor mendapatkan pengetahuan yang mendalam mengenai isu perbankan dan financial technology sejalan dengan komitmen kami dalam berkontribusi terhadap komunitas khususnya media yang menjadi salah satu pemangku kepentingan kami,” jelas Leila saat membuka Banking Editors Masterclass, hari ini, di Jakarta.

Sekretaris Jenderal AJI Revolusi Riza berpendapat bahwa editor media memang selayaknya mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi agar dapat memberikan informasi yang lebih mendalam kepada pembaca. “Banking Editors Masterclass kerja sama AJI-Bank Commonwealth merupakan wujud konkret dalam meningkatkan kualitas jurnalis khususnya editor di desk ekonomi, bisnis, dan keuangan. 

Selama enam minggu, para editor akan mendalami isu perbankan di era digital dan financial technology, termasuk bagaimana mempertajam suatu isu dan menuliskan berita yang mendalam,” ujar Riza.

Melalui proses seleksi yang ketat, 16 editor dari media seperti CNN Indonesia, Kontan, Kompas, Metro TV, Femina, Republika, Tempo, Reuters tercatat sebagai peserta. Kelas berlangsung selama periode Maret – Mei 2019, dua kali dalam seminggu. Yang menarik dari program ini adalah para pemberi materi yang merupakan pakar di bidangnya misalnya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati, pembicara dari salah satu unicorn e-commerce Indonesia, asosiasi financial technology, dan lainnya.