Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerjasama dengan Internews dan Engage Media akan menyelenggarakan Training Investigative Journalist Safety di Bogor, tanggal 5 – 9 Mei 2017.

 

Training ini menggabungkan sejumlah aspek diantaranya aspek hukum, fisik, dan keamana digital yang sangat penting bagi kerja-kerja jurnalis hari ini. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkaya dan mempermudah para jurnalis dalam menghadapi rintangan dan hambatan keamanan baik secara hukum, fisik maupun digital. Tujuan pelatihan ini adalah membekali jurnalis dengan pengetahuan dan praktek teruji terkait keamanan yang dapat dipergunakan di dalam pekerjaan sehari-hari.

 

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman melakukan liputan investigasi minimum 2 tahun. Program ini akan diberikan kepada 14 jurnalis terpilih.

 

Bagaimana cara menjadi peserta?

Untuk dapat menjadi peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran yang ada dalam Google Form ini: https://goo.gl/forms/GP1AUV90KUN6ipuY2

Selambat-lambatnya tanggal 9 April 2017.

 

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memiliki pengalaman melakukan liputan investigasi serta alasannya mengenai kebutuhan untuk mengikuti training safety ini. Kami juga mempertimbangkan untuk keterwakilan gender dan skala media (mainstream dan lokal). Jurnalis Freelancer sangat dimungkinkan untuk ikut serta dalam training ini. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peserta via email.

  

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti training selama 5 hari di Bogor. Peserta akan mengisi formulir konfirmasi untuk pengaturan akomodasi dan transportasi. Program ini akan menanggung biaya belajar selama tiga hari termasuk material pendukung seperti hardware dan software laptop, akomodasi dan makan selama training berlangsung, transportasi dari kota asal ke lokasi dan sebaliknya.

 

Program ini juga memberikan fasilitas akomodasi tambahan bagi peserta yang tertarik mengikuti kegiatan World Press Freedom Day 2017 di Jakarta, tanggal 3 – 4 Mei 2017.

  

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek “Training Investigative Journalist Safety”.

 

 

 

 

 

 


Bagikan: