Workshop Science Journalism

W O R K S H O P

SCIENCE JOURNALISM

 

 

AJI Indonesia bekerjasama dengan British Council akan menyelenggarakan workshop di Surabaya bagi kalangan jurnalis untuk mendalami isu dan liputan tentang sains dan teknologi. 20 orang jurnalis terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam membuat liputan tentang isu sains dan teknologi. Liputan yang menarik dan mudah dipahami oleh publik.

 

Program apakah ini?

Ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami isu Sains dan penggunaan Data Driven Journalism. Dalam program ini peserta mendapat kesempatan untuk bertemu ilmuwan yang sudah melakukan riset secara langsung dan berbagi mengenai bagaimana science communication dilakukan. Workshop juga akan menghadirkan narasumber ilmuwan dari Inggirs yang sudah mempraktikkan science communication dalam publikasi kajian ilmiahnya dan bagaimana melibatkan media dalam prosesnya.

 

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun. Program ini akan diberikan kepada 20 jurnalis terpilih.

 

Bagaimana cara menjadi peserta?

Untuk dapat menjadi peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Form ini: https://goo.gl/forms/Zsn51qqgPxSklGeA2 Selambat-lambatnya tanggal 23 Juli 2017. Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan liputan paling baik dan keterwakilan wilayah. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa via email.

 

Apa kriteria usulan liputan terbaik?

1.    Topik menyangkut isu sains dan teknologi

2.    Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain

3.    Liputan menantang, namun tetap realistis

4.    Menggunakan narasumber yang kredibel

 

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti workshop selama 2 hari tanggal 19-20 Agustus 2017 di Surabaya. Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini.

 

Program ini juga akan menanggung biaya belajar selama dua hari termasuk material pendukung, akomodasi dan makan selama workshop berlangsung, transportasi dari kota asal ke lokasi workshop dan sebaliknya.

 

Di akhir workshop, akan dipilih 10 outline liputan peserta yang terbaik untuk mendapatkan dukungan membuat liputan berdasarkan proposal yang diusulkan dan disepakati setelah workshop. Dukungan berupa pendampingan dari mentor yang kompeten dan biaya operasional liputan seperti biaya transportasi, tunjangan selama liputan, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan. Pagu biaya liputan maksimum Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) .

 

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com

Atau dapat menghubungi Sdri. Indah 081319366692 atau Febrina 081804217279.

 


Bagikan: