ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN ORGANISASI BERITA DI INDONESIA: Pemetaan Pemanfaatan dan Rekomendasi untuk Stakeholder Media
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dipahami sebagai suatu kreasi rekayasa teknologi pemrograman atau algoritma pemrograman yang berfokus pada penciptaan sistem yang dapat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia, artinya AI menjadikan sistem komputer dapat berpikir atau melakukan bahkan meniru seperti apa yang manusia lakukan. Hadirnya kemajuan teknologi yang bernama AI ini memiliki keunggulan dan tantangan dalam dunia jurnalistik, dengan adanya keunggulan dan tantangan yang telah dirasakan bersama sudah semestinya para jurnalis memiliki pedoman yang dapat dijadikan patokan dalam menggunakan AI. Adanya AI dalam dunia jurnalistik memaksa media untuk beradaptasi namun juga terikat pada kode etik jurnalistik yang ada, agar kredibilitas dan kualitas jurnalisme tetap terjaga.
Buku ini menyajikan tentang hasil riset yang mengidentifikasi penggunaan AI dalam media dengan hasil diskusi terpumpun yang telah AJI Indonesia laksanakan. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas perusahaan media, baik yang ada di nasional atau lokal di daerah telah menggunakan AI dengan berbagai tujuan yang tentunya untuk menghasilkan karya jurnalistik, baik dari tahap pencarian data/informasi awal, analisis trend, hingga diseminasi laporan.
Buku ini pula berisi penjelasan AI di organisasi berita global, organisasi berita Indonesia, pemanfaatan dan dampaknya, temuan hasil diskusi, serta rekomendasi untuk jurnalis, perusahaan media, dan Dewan Pers.
Penulis:
Abdul Manan
Kontributor:
Adi Marsiela
Febrina Galuh Permanasari
Desain & Layout:
Krisna Sahwono
- 368 kali dilihat